Monday 26 March 2018

Pengertian Infrastructure as Code (IAC)

Infrastructure as Code




Infrastructure as Code (IaC) adalah sebuah proses dalam mengelola dan menyediakan pusat data komputer melalui definisi berupa file yang dapat dibaca oleh mesin, tidak seperti konfigurasi perangkat keras fisik atau alat konfigurasi interaktif. Definisi infrastruktur TI meliputi peralatan fisik seperti server bare-metal dan mesin virtual, serta sumber daya konfigurasi terkait. File definisi ini dapat diatur menggunakan sistem kontrol versi dan dapat menggunakan skrip atau definisi deklaratif. Dalam penggunaannya, pendekatan deklaratif lebih sering dipromosikan daripada pendekatan proses manual.

Istilah Infrastructure as Code digunakan untuk mempromosikan pendekatan deklaratif dalam manajemen infrastruktur TI. Pendekatan ini memungkinkan administrator sistem untuk membuat definisi infrastruktur yang komprehensif dan mengelola konfigurasi sistem secara efisien. Dalam pengelolaan infrastruktur, IaC juga dapat membantu mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan keamanan infrastruktur.

Pendekatan Infrastructure as Code dipromosikan terutama untuk Cloud Computing, yang sering dipasarkan sebagai infrastruktur sebagai layanan (IaaS). IaC mendukung IaaS, tetapi tidak harus dibingungkan dengan IaaS. IaC dapat digunakan dalam pengelolaan infrastruktur pada lingkungan apapun, termasuk lingkungan komputasi berbasis awan, dan bahkan pada lingkungan on-premise atau lingkungan hybrid. Dalam hal ini, penggunaan IaC dapat membantu mempermudah tugas administrasi infrastruktur TI, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat pengiriman aplikasi.

No comments:

Post a Comment